Mau Beli Buku? Yuk Simak Tipsnya!

Sumber : www.pixabay.com
 
Buku merupakan suatu kebutuhan penunjang kehidupan. Seiring perkembangan zaman, kini banyak bermunculan beragam jenis genre buku. Sejarah, biografi, fiksi, hingga buku bergenre horror, itulah beberapa genre buku yang beredar di kyalayak ramai. Seolah tak ingin kalah dengan perkembangan jaman, kini buku juga telah bertransformasi dari bentuk cetak menjadi bentuk digital, atau sering kita kenal dengan istilah e-book.

Semakin berjalannya waktu pula kini jumlah peminat buku semakin meningkat. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah permintaan buku di pasaran. Tentu saja, bagi peminat buku hal ini perlu menjadi perhatian. Semakin banyak buku yang bereda di pasaran, konsumen perlu lebih selektif untuk memilih buku untuk dibelinya. Berikut ini disajikan beberapa tips membeli buku ala Johan Darmawan.

TIPS 1 : Pilih genre buku yang kamu suka


Penting kalian ketahui, bahwa tiap-tiap individu memiliki selera yang berbeda-beda pada buku. Ada orang yang lebih suka buku bergenre fiksi, disisi lain juga ada yang suka dengan genre nonfiksi. Oleh karena itu, cari tahu dulu genre apa yang kamu sukai. Kamu dapat mengetahui genre favoritmu setelah membaca buku-buku yang ada disekitarmu. Kalau kamu merasa antusias membaca, berarti kamu telah memilih buku dengan genre yang tepat.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya cenderung lebih antusias untuk membaca buku-buku genre favorit saya, begitu pula sebaliknya. Apabila saya menemukan buku-buku yang tidak sesuai dengan genreku, saya cenderung enggan untuk membacanya. Baru baca beberapa halaman saja, sudah terasa membosankan. Akibatnya, saya tidak akan membaca buku itu sampai tuntas dan buku itupun terbengkalai begitu saja. Sayang sekali bukan.

TIPS 2 : Sebelum membeli buku, alangkah baiknya kamu cari tahu dulu deskripsi buku


Mungkin kamu pernah membeli buku tapi isinya tidak sesuai dengan ekspektasimu? Jika hal itu tidak mau terulang, pastikan tips kedua ini jangan sampai kamu lewatkan. Sebelum memutuskan membeli sebuah buku, alangkah baiknya kamu cari tahu dulu deskripsi buku incaranmu. Mulai dari harga, kualitas, hingga isinya. Kamu juga bisa mencari review atau resensi buku-buku di internet, salah satunya di blog ini. Atau kamu juga bisa memanfaatkan platform online seperti Goodreads yang memberikan ulasan mengenai buku-buku,  yang mana dapat memudahkanmu dalam memberikan pertimbangan untuk membeli buku tersebut atau tidak.

TIPS 3 : Pastikan kamu membeli buku di toko buku atau di penerbit yang terpercaya


Seiring pesatnya perkembangan teknologi, pemesanan buku tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka antara produsen dan konsumen tetapi juga dapat menggunakan media online. Bagi kamu yang ingin berbelanja buku baik online maupun offline, pastikan membeli buku di toko buku atau penerbit buku yang terpercaya. Kamu dapat memastikannya, dengan mencari tahu testimoni orang-orang yang pernah membeli buku di toko buku tersebut.

TIPS 4 : Manfaatkan momentum diskon buku


Bagi kamu yang ingin membeli buku dalam jumlah banyak, ada baiknya kamu memanfaatkan momentum diskon. Biasanya toko-toko buku memiliki momentum khusus untuk mengadakan diskon besar-besaran. Mulai dari diskon ulang tahun toko buku, diskon pre-order, hingga diskon akhir tahun. Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan momentum diskon di bazar buku. Saat ini, banyak sekali bazar buku yang menawarkan diskon yang cukup menggiurkan, Big Bad Wolf salah satunya. Yuk tunggu apa lagi, pastikan kamu catat tanggalnya ya!

TIPS 5 : Beli buku orisinal, bukan buku bajakan


Ini adalah tips terakhir dari saya. Pastikan kamu membeli buku yang orisinal, bukan yang tiruan atau bajakan. Secara tak langsung, kamu sudah menghargai kerja keras para penulis dan penerbit buku ketika kamu membeli buku orisinal. Uang yang kamu gelontorkan untuk membeli buku dapat menjadi royalti bagi para penulis buku sehingga mereka dapat terus aktif berkarya. Memang, buku bajakan memiliki harga yang lebih miring. Tentu saja dengan kualitas kertas yang jauh lebih rendah daripada buku orisinalnya. Oleh sebab itu, jadilah konsumen yang bijak.

Itulah lima tips membeli buku ala Johan. Tips-tips tersebut selalu saya terapkan ketika saya hendak membeli buku dan cukup ampuh untuk mendapat buku-buku yang saya sukai. Saya ingin kalian merasakan manfaatnya seperti yang saya rasakan. Oleh karena itu, tunggu apa lagi. Yuk coba tipsnya! Selamat mencoba.


Komentar

Posting Komentar