Kiat-Kiat Menghemat Bujet Bagi Para Penikmat Buku


Gambar oleh Mohamed Hassan dari Pixabay

Kegiatan membaca buku merupakan agenda favorit bagi para penikmat buku. Kebutuhan akan buku-buku bacaan menjadi semakin meningkat seiring kemampuan baca terasah. Kadang kala, kebutuhan tersebut memakan bujet yang tidak tanggung-tanggung besarnya. Terutama bagi seorang pencinta buku yang memandang buku tidak berdasarkan harganya. Asalkan buku yang mereka inginkan berhasil diperoleh, akan ada kepuasan tersendiri di batin mereka. Namun, tahukah kamu ternyata bujet akan kebutuhan membeli buku-buku tersebut bisa ditekan. Berikut ini adalah kiat-kiat menghemat bujet bagi para pencinta buku.

1.    Membeli buku di marketplace toko buku/penerbit buku resmi

Seiring perkembangan zaman, manusia terus berinovasi mengembangkan teknologi. Teknologi yang semakin pesat merambah hingga terbentuk lah marketplace/ platform tempat belanja daring. Dewasa ini, terdapat banyak marketplace yang menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik minat pelanggan. Hal serupa juga dilakukan oleh marketplace toko-toko buku online.

Dibandingkan dengan langsung datang di toko buku offline, belanja buku di marketplace berpeluang lebih besar untuk mendapat diskon. Tidak hanya diskon buku, terkadang marketplace juga menawarkan diskon ongkos kirim.

Kendati demikian, kita sebagai pelanggan harus tetap bijak dalam membeli. Jadi, usahakan untuk menyesuaikan buku-buku yang akan kamu beli dengan bujet di kantongmu ya.

2.    Manfaatkan diskon buku di hari-hari besar

Selain berbelanja di marketplace toko buku/penerbit buku resmi, kamu juga dapat memanfaatkan diskon buku di hari-hari besar. Misalnya saja diskon pada saat Hari Buku Nasional, diskon akhir tahun, atau pun diskon di hari ulang tahun toko buku/penerbit buku. Sebagai konsumen, kita harus jeli untuk mencari tahu informasi mengenai hari-hari besar tersebut. Apalagi kalau bukan demi diskon.

3.    Tentukan wishlist secara cermat tiap beberapa periode waktu sekali

Usahakan untuk menentukan wishlist atau buku-buku yang akan kamu beli secara cermat sebelum kamu berbelanja buku. Penentuan wishlist ini penting sekali, mengingat kebanyakan penikmat buku bisa tergoda ketika melihat buku-buku bagus yang ada di toko buku. Alhasil, buku-buku yang sebelumnya tidak direncanakan untuk dibeli, pada akhirnya dibeli. Kalau dibiarkan, ini akan membuat bujet belanja buku membengkak.

Jadi, usahakan untuk membuat wishlist setiap beberapa periode waktu sekali, misalnya saja sebulan sekali. Dalam membuat wishlist, pastikan untuk menyesuaikan dengan bujetmu. Ini berperan sebagai pengingat bagi diri kita untuk tidak membeli buku di luar bujet yang sudah kita sediakan di awal.

4.    Beli buku bekas

Tips keempat untuk kamu para penikmat buku adalah dengan membeli buku bekas. Tentu saja, yang namanya buku bekas pasti memiliki harga yang lebih miring daripada buku-buku baru. Kadang kala, kalau kamu beruntung kamu akan menemukan buku-buku bekas yang memang tampak masih sangat baru. Mungkin hanya dibaca sekali atau pun tidak dibaca sama sekali oleh pemiliknya terdahulu. Daripada membeli buku bajakan, lebih baik untuk membeli buku asli meskipun bekas bukan?

5.    Pinjam buku di perpustakaan

Alih-alih membeli buku baru, saya menyarankan kamu untuk pinjam buku di perpustakaan. Namun, kadang kala seseorang terlalu malas untuk beranjak dari tempatnya dan pergi ke perpustakaan. Tenang. Karena saat ini sudah ada perpustakaan daring misalnya saja iPusnas, milik Perpustakaan Nasional RI yang dapat diakses secara gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone atau pun laptop dan tentunya juga jaringan internet untuk meminjam buku disana. Sangat praktis dan juga dapat menekan biaya.

Itulah kelima kiat-kiat yang dapat saya berikan untuk menghemat pengeluaran bagi para penikmat buku. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya dapat mempermudah pekerjaan manusia. Hal serupa dapat kita manfaatkan untuk menghemat pengeluaran buku-buku. Oleh sebab itu, tidak alasan untuk tidak mulai membaca buku dari sekarang. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Salam hangat dari saya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Komentar