Tutorial Cara Meminjam dan Mengembalikan E-book di iPusnas

 
Sumber: Dokumen pribadi
 
 
Seiring perkembangan zaman, manusia berlomba-lomba untuk dapat menemukan dan berinovasi pada teknologi terbaru. Perkembangan teknologi yang semakin hari kian pesat membawa kabar gembira khususnya bagi para penikmat buku di Indonesia. Pasalnya, saat ini telah hadir aplikasi perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bernama iPusnas.

Dilansir dari laman Perpusnas RI diketahui bahwa koleksi buku-buku disana telah mencapai 2,6 juta eksemplar. Untuk kamu yang belum memiliki kesempatan mengunjungi Perpusnas RI, kamu dapat meminjam koleksi e-booknya di aplikasi iPusnas. Berikut ini adalah tutorial cara meminjam dan mengembalikan e-book di iPusnas.

•    Langkah 1

Buka aplikasi iPusnas. Apabila kamu belum memiliki aplikasinya, kamu dapat mengunduhnya di laman web ipusnas.id atau di Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan di Android, iOS, maupun Windows.


•    Langkah 2

Log in aplikasi iPusnas menggunakan akunmu. Untuk log in di iPusnas dapat dilakukan menggunakan akun e-mail atau pun Facebook. Kamu akan diminta untuk mengisi alamat e-mail dan password. Isikan alamat e-mailmu dan password.

 

•    Langkah 3

Setelah berhasil log in, kamu dapat mencari e-book yang akan kamu pinjam di bagian search box (pojok kanan atas, yang ada gambar kaca pembesarnya).


 

•    Langkah 4

Masukkan judul e-book yang akan kamu cari di search box. (Misalnya saja, saya mencari novel Supernova Petir). Kemudian, pilih e-book yang akan kamu pinjam.

 

•    Langkah 5

Setelah memilih e-book yang akan kamu pinjam. Akan muncul tampilan seperti berikut. Pilih tombol “Pinjam” untuk meminjam e-book. Namun, jika stok e-book telah habis, tombol “Pinjam” akan bertuliskan “Antrian”. Itu tandanya kamu tidak dapat meminjam e-book saat itu juga melainkan harus mengantre dengan pengunjung lainnya untuk dapat meminjam e-book tersebut.
 

•    Langkah 6

Setelah memilih tombol “Pinjam” kamu akan diarahkan ke laman konfirmasi pinjaman seperti berikut. Pilih tombol “Ya” untuk mengkonfirmasi peminjaman.

 

•    Langkah 7

Setelah mengkonfirmasi peminjaman, akan muncul kotak yang bertuliskan seperti berikut. E-book yang kamu pinjam akan segera terunduh. Kemudian, pilih tombol “Tutup” untuk melanjutkan.

 

•    Langkah 8

Setelah pengunduhan selesai. Kamu dapat langsung membaca e-book yang kamu pinjam dengan memilih tombol “Baca”.

 

Selain itu, kamu juga dapat melihat koleksi e-book yang telah kamu pinjam di bagian rak buku.

 

Durasi waktu peminjaman buku di iPusnas hanya tiga hari. Oleh karena itu, apabila e-book yang kamu pinjam telah melebihi tiga hari, e-book tersebut otomatis akan hilang dari rak buku. Namun, apabila kamu ingin mengembalikan e-book yang telah kamu pinjam sebelum durasi waktu tiga hari habis, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

•    Langkah 9

Pergi ke bagian rak buku dan tentukan e-book yang akan kamu kembalikan. Pilih tombol tiga titik yang ada di bagian pojok kanan bawah e-book. Kemudian, pilih tombol “Kembalikan”.
 

•    Langkah 10

Akan muncul kotak konfirmasi pengembalian e-book yang memastikan apakah kamu benar-benar akan mengembalikan e-book tersebut. Pilih tombol “Setuju” untuk mengembalikan e-book. Dan, e-book tersebut akan otomatis menghilang dari rak buku.

 
Untuk pengembalian e-book, hanya dapat dilakukan minimal 24 jam setelah peminjaman suatu e-book. Itu artinya, apabila kamu baru saja meminjam suatu e-book di bawah 24 jam, maka kamu belum dapat mengembalikannya.

Itu lah tutorial cara meminjam dan mengembalikan e-book di iPusnas. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Komentar

  1. untuk di pc gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih sama saja seperti tutorial di atas mas/mbak. Silakan download software ipusnas di https://ipusnas.id/ terlebih dulu🙏

      Hapus
  2. Waah ini lagi cari-cari, lengkap sekali tutorialnya

    BalasHapus

Posting Komentar