Lima Tips Ampuh Merawat Buku

Sumber: www.pixabay.com

Pernahkah kalian menemui buku-buku kalian menguning, berdebu, ataupun sobek halamannya. Apalagi kalau yang mengalami hal demikian adalah buku-buku favorit kalian. Apa yang kalian rasakan ? kesal bukan. Andai saja buku dapat berbicara, pasti mereka sudah protes dengan pemiliknya. Hmm.. kasihan buku. Oleh karena itu, sebagai solusi sekaligus tindakan preventif dari hal tersebut, aku punya beberapa tips buat kalian untuk merawat buku-buku kesayangan. Disimak ya.

TIPS 1: Sampul buku


Yup, tips pertama ini suka diremehkan oleh beberapa orang. Mereka gak menyampul buku dengan alasan nggak telaten, nggak sempat, ataupun merasa menyampul buku bukanlah suatu keharusan. Padahal, menyampul buku merupakan hal terpenting untuk merawat buku.  Sampul buku dapat memberikan perlindungan pada cover buku supaya tetap rapi, tidak sobek ataupun kotor. Sampul buku dapat disesuaikan dengan jenis buku kalian. Apakah menggunakan sampul kopi, sampul mika, dan lainnya.

TIPS 2:  Bersihkan buku secara berkala


Tips kedua ini untuk menjaga buku tetap bersih  dan terhindar dari debu. Kalian dapat mengalokasikan waktu kalian secara berkala untuk membersihkan buku, apakah seminggu sekali ataupun dua kali dalam seminggu, terserah asalkan rutin. Kalau aku sendiri, biasa membersihkan koleksi bukuku seminggu sekali. Kalian hanya butuh kain lap bersih untuk membersihkan buku kalian. Simple bukan.

TIPS 3:  Jauhkan buku dari paparan sinar matahari langsung


Untuk tips selanjutnya, berguna untuk mencegah halaman pada buku kalian menguning. Meskipun proses menguningnya halaman buku itu tidak dapat dicegah. Tetapi, dengan menghindarkan buku dari paparan sinar matahari langsung dapat memperlambat menguningnya halaman buku. Selain itu, sinar matahari dapat membuat warna halaman buku memudar. Alhasil, hal ini dapat mengurangi kenikmatan proses membaca bagi si pembaca, bukan.

TIPS 4:  Simpan buku di tempat yang bersih dan kering


Buku juga dapat terkena serangan jamur juga layaknya makhluk hidup lho. Untuk mencegah buku dari paparan jamur, kalian dapat menyimpan buku di tempat yang bersih dan kering. Untuk memastikan kondisi tetap kering dan tidak lembab kalian dapat menabahkan silica gel di tempat penyimpanan buku kalian.

TIPS 5:  Simpan buku dalam posisi berdiri


Tips ini merupakan tips terakhir yang aku kasih ke kalian. Mungkin beberapa kalian ada yang baru tahu kalau ternyata posisi menyimpan buku juga mempengaruhi kondisi buku. Buku yang disimpan dengan posisi ditumpuk memiliki kecenderungan untuk lengket halamannya, apalagi kalau buku ditumpuk dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, simpanlah buku dalam posisi berdiri sejajar satu sama lain. Usahakan untuk memberikan space antar buku sehingga tetap ada sirkulasi udara dan mencegah buku menjadi lembab.

Itulah tips merawat buku dari saya. Buku bukan hanya sebagai sumber bacaan di kala senggang, yang mana setelah kita baca hanya digeletakkan begitu saja hingga berdebu. Kita sebagai pemilik buku juga memiliki tanggung jawab untuk merawat buku tersebut. Jaga dan sayangi buku kalian sebagaimana kalian menyayangi diri kalian.

Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat ya buat kalian. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Komentar