Sering Dibilang Mirip Orang Lain Padahal Enggak Mirip


Pernahkah kalian dianggap mirip seseorang? Terutama dalam hal wajah dan penampilan. Kalau sekali dua kali sepertinya tidak masalah. Namun, kalau terlalu sering dibilang mirip kayaknya bakal gak enak juga ya. Saya pun pernah dibilang mirip oleh sejumlah orang. Ga cuma sekali-dua kali, tapi berkali-kali.
 
Parahnya lagi, kadang saya dibilang mirip oleh seseorang yang saya enggak tahu siapa dia. Pernah suatu ketika saya bertemu dengan seseorang mahasiswa di kampus yang sama dengan saya saat ingin pulang. Mungkin karena ingin basa-basi, tiba-tiba dia berkata.
 
"Mukamu mirip sama Kak anu ya," ujarnya memiripkan saya dengan salah seorang kakak tingkat (kating).

Saya hanya tersenyum. Saya tahu kating yang dia maksud, hanya saja saya tidak senang jika dimirip-miripi seperti itu. Atas dasar apa dia berkata demikian? Entahlah, saya diam saja saat itu.

Tidak hanya sampai di situ. Saya punya seorang teman di kampus yang sering sekali memirip-miripi saya dengan mahasiswa lain, terutama mereka yang menggunakan kacamata. Sekadar informasi, dalam keseharian saya memang selalu berkacamata. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi karena memang mata saya minus.

Seperti kehabisan bahan obrolan, setiap dia sedang bersama saya dan bertemu orang-orang, dia berbasa-basi dengan memirip-miripkan saya dengan orang-orang tersebut. Lama-kelamaan saya merasa jengkel dan memberitahunya bahwa saya tidak senang jika dimirip-miripi dengan orang lain. Saya berkata bahwa semua orang itu unik, bahkan anak kembar identik sekalipun memiliki perbedaan.

Mungkin kalian mengira saya terlalu bawa perasaan (baper)? Ya, saya memang tidak nyaman jika terus menerus dimirip-miripi seperti itu.

Oh ya, saya hampir lupa. Dulu ketika SMP, saya sering dibilang mirip dengan Nobita oleh teman-teman di sekolah. Iya, Nobita sahabatnya Doraemon itu! Mereka kira gaya saya yang berkacamata itu mirip sekali dengan Nobita. Kalau dipikir-dikipir lucu juga sih. Tapi ada enggak enaknya juga, karena Nobita identik dengan anak yang malas dan cengeng. Hehehe.

Mungkin kalian pernah punya pengalaman dimirip-miripi seperti saya. Boleh banget sharing di kolom komentar. 😊

Komentar