Lima Singkatan yang Wajib Pencinta Buku Ketahui

Kamu pernah dengar DNF? Atau TBR? Kalau kamu pencinta buku, pasti sudah tidak asing dan setidaknya pernah mendengarnya. Sebagai sesama pencinta buku, tentunya tidak afdal kalau belum menggunakan singkatan-singkatan semacam itu. Berikut ini adalah lima singkatan yang wajib pencinta buku ketahui.

Sumber: pixabay.com

1.    TBR

Singkatan pertama adalah TBR yang merupakan singkatan dari “To Be Read”. TBR merujuk kepada sekumpulan buku milikmu yang akan kamu baca di masa mendatang. Lantas, ada beberapa orang yang tidak dapat membedakan antara TBR dan Wishlist. Wishlist pada dasarnya merujuk pada sekumpulan buku yang diharapkan dapat kamu miliki dan kamu baca di masa mendatang, sedangkan TBR khusus untuk buku-buku yang memang sudah kamu miliki.

2.    DNF

DNF merupakan singkatan dari “Did Not Finish”. DNF merujuk kepada buku-buku yang belum selesai kamu baca di masa lampau. Terdapat beberapa alasan kenapa DNF bisa saja terjadi. Misalnya, karena buku yang dibaca tidak membuatmu tertarik, membosankan, dan terlalu susah untuk dipahami.

3.    OTP

OTP merupakan singkatan dari “One Top Pairing”. Bagi kamu yang gemar membaca buku, pasti sempat merasakan kondisi emosi yang dialami setiap tokoh dalam cerita. Misalnya saja, ketika tokoh-tokoh tersebut mengalami kesedihan, kamu seolah-olah ikut merasakan kesedihan yang mereka rasakan. Hal demikian juga dirasakan ketika para tokoh mengalami yang namanya jatuh cinta. Sebagai pembaca, kamu pasti pernah menjodohkan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.

OTP merujuk kepada kegiatan menjodohkan karakter dalam cerita. Misalnya, kalau kamu suka dengan Harry Potter, kamu pasti sempat berpikir untuk menjodohkan Harry Potter dengan Hermione Granger.

4.    CR

CR merupakan singkatan dari “Currently Reading”. Seperti maknanya secara harfiah yang berarti “dibaca saat ini”, CR merujuk kepada buku-buku yang kamu baca saat ini.

5.    GR

Buat kamu pencinta buku, pasti sudah tidak asing dengan singkatan GR. GR merupakan singkatan dari “Goodreads”. Goodreads sendiri merupakan suatu media sosial bagi para pecinta buku untuk dapat berinteraksi, memberi penilaian, dan merekomendasikan buku-buku yang ada. Seru sekali bukan.

Itulah lima singkatan yang wajib pencinta buku ketahui. Tentunya diluar kelima itu, banyak sekali singkatan-singkatan yang ada. Kalau kamu mengetahui singkatan-singkatan lainnya, bisa tolong kasih tahu saya di kolom komentar ya.


Komentar